Jumat, 25 September 2015

pembuatan game pada scratch

Cara Pembuatan Game Ikan pada Scratch.

Hai kali ini saya akan sharing tentang cara membuat game melalui Scratch! Ada yang penasaran?Haha kayanya sih enggak iya?Iya udah langsung aja iya saya tuntun kalian untuk membuat game ini.
Hal yang perlu kalian ikuti :
   Buka terlebih dahulu Scratch pada laptop kalian.





Setelah Scratch terbuka ,kita masukkan actor yang saya akan pilih sebagai contoh, namun usahakan actor tersebut mempunyai 2 actor yang berbeda pergerakannya. Kita pilih “semua kostum” lalu kalian klik “impor”.


1.       Setelah kalian klik “impor” maka akan keluar seperti ini… saya akan memilih “animal”. Lalu saya pilih “shark1-a” dan “shark1-b”  sebagai actor yang mencerminkan keadaan bawah laut seperti pada judul diatas.



 Setelah itu kita masukan skrip pada ikan hiu tersebut, masukkan skrip yang sudah tertera digambar dibawah ini..


1.       Lalu masukan kembali skrip agar seperti ini…


  Masukkan actor lain dengan cara mengklik gambar dibawah berbentuk kertas untuk menambahkan actor lain. Saya akan menambahkan actor animal yaitu “Ikan”


   Tambahkan background yang sesuai dengan tema diatas,pilih gambar dasar laut. 


Perkecil sprite keduanya agar sesuai dengan background.



  Setelah itu masukkan skrip pada sprite kedua lihat gambar dibawah ini..


Gandakan skrip kedua menjadi banyak .


 Jangan lupa copy skrip yang sama pada semua sprite yang digandakan tadi.  

Nah sekarang saya akan memberitahukan cara menyembunyikan sprite2 dan yang lain. Tambahkan skrip “jika (apakah menyentuh?)”, lalu tambhkan “sembunyikan”, dan jangan lupa masukkan “beritakan sprite yang lain”. Lihat contohnya dibawah


Jangan lupa atur arah rotasi pada sprite2.


  Masukkan skrip “perlihatkan” untuk memperlihatkan kembali sprite yang tersembunyi.


Jika ingin memperbesar hiu kita bisa masukkan skrip seperti dibawah ini


Nah sekarang sudah selesai , tinggal masukkan sesuatu bias dilihat dibawah.setelah itu liat skrip ukuran ceklist dam akan keluar papan score.


selesai deh ,terimakasih karena sudah membaca artikel ini.

3 komentar:

  1. Tutorial yang bagus, sangat mudah dipahami khususnya untuk mereka para pemula pemakai Scratch. Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Macammana mau gerak kan watak Nya ya sih

    BalasHapus
  3. Nice kak! Izin share di blog saya ya..

    BalasHapus